April 19, 2010

Fisheye lens handmade by OINK

ehm, setelah bereksperiment, akhirnya saya berhasil membuat lensa fisheye. yah, walaupun tidak sebagus yang asli (yaeyalah, namanya juga handmade, bukan pabrikmade.. hehe).. oh iya, fisheyes lens yg saya buat ini hanya dipergunakan just fo fun ya,,

kelamaan ya basa basinya? hehe, langsung aja cekidot tutorial dibawah ini ye..



you need  :

  1. Kemasan Bekas roll film
  2. lakban item
  3. lem super / alteco.. or whatever u want
  4. gunting berwarna pink
  5. cutter berkarat
  6. peephole (itu tuh lensa untuk di pintu2 rumah)
  7. Kamera (terserah mo kamera digital ato poket)
  8. duit untuk beli bahan2 nya
  9. kemauan dan tekad yang kuat (wuuzzzzzzz)
gambar alat yang dibuthkan (biar ga pada bingung, hehehe)

peephole (harga dibawah rp. 100k)



Kemasan roll film (kalo mo pake paralon juga bisa,
disesuaikan dengan diameter lensa kamera)




how to :



  1. Pertama - tama, potong kedua sisi tempat bekas roll film, kemudian lapisi permukaannya dengan lakban item (sesuai selera siy,) kalo udah, lanjutin tahap ke dua ;))
  2. Bolongin tutup roll film tersebut, diameter jgn gede2. mungkin 5mm cukup, tujuan dibuat lubang supaya peephole bisa masuk ke dalah tempat roll film.. kalo udah pas trus lu lem ntuh peepholenya. dikit2 aja, yang penting merekat kuat di tempat roll filnya.
  3. Kalo udah di tempelin, tunggu 10 menit supaya lem merekat dengan kuat.
  4. eng ing eng... jadi deh tuh lensa handmade oink.. hehehehe..

Kalo lensa ane kaya gene nieh :

kamera digital yang udah tambahkan lensa fisheye handmade by oink :))
sori potonya agak parah, pake hp soalny.. hehehe


ini lensa fisheye nya



kalo udah liat tutorialnya, kurang lengkap kale ya kalo ga da hasilnya ? hehe.. ini niy beberapa jepretan saya : cekidot



my lilbro APUN ;))


my lilsist biabio ;B)


hm, so tasty ;d


35 comments:

  1. beli peephole nya dimana?

    ReplyDelete
  2. coba cari di toko hardware gan, banyak dijual.. utk ukurannya ada yang ukuran 160 ma 200, tergantung lu mo pake yg mane..

    ReplyDelete
  3. harga peephole biasanya berapaan bang ?

    ReplyDelete
  4. range harga 50k ampe 200k udah dapet peepholenya.. kalo mo yang gartisan, ambil aja di pintu tetangga samping rumah gan *becanda* hahahahahahaha

    ReplyDelete
  5. ukurannya ngaruh gak ?

    ReplyDelete
  6. gan, ane izin numpang promosiin blog ini ya. karena cukup kreatif gan :)

    ReplyDelete
  7. keren gan....ane dah coba pake exilim z90 ane, tapi susah banget dapet fokus nya gan.... >.<

    btw kamera agan Cybershot y? susah gak dapet fokusnya?

    ReplyDelete
  8. SARAS : hehe.. makasih ya sista. kita bisa link exchange kok sist.. makasih ude mampir...

    ReplyDelete
  9. "Anonymous said...
    keren gan....ane dah coba pake exilim z90 ane, tapi susah banget dapet fokus nya gan.... >.<

    btw kamera agan Cybershot y? susah gak dapet fokusnya? "

    hehe< ane pake cybershot gan,,, eksperiment ane lumayan lah gan.. asal nempelin lensanya sama rata ma fisheyenya dijamin gampang fokus kok...

    coba trus gan.... two thumbs

    ReplyDelete
  10. "Anonymous said...
    ukurannya ngaruh gak ?

    June 29, 2010 12:08 PM "

    Ukuran ngaruh banget gan.. cocokin dolo antara lensa camdig lu ma media lensa fisheye nya.. kalo ga bisa pake roll film. coba pake paralon deh....

    thnks ude mampir...

    ReplyDelete
  11. harganya berapa gan?

    ReplyDelete
  12. (rp.100k)k nya itu apaan sih aku gak ngerti?

    ReplyDelete
  13. 1ook itu rp.100.000 (seratus ribu rupiah)

    ReplyDelete
  14. keren & kreatif banget gan..tapi beli peephole biasanya dimana ya? susah nih nyarinya...

    ReplyDelete
  15. gw udh pny peephole nya gan tpi gw msh bingung kalo potong roll filmnya pake apaan yah?? gw cba pake gunting/cutter tp gabisa2...

    ReplyDelete
  16. sip idenya.
    kalo SLR saya pernah baca pake aspherical, belinya di toko optik.
    permamsalahanya juga sama, DOF dan fokusnya agak susah.

    ReplyDelete
  17. Gan itu dudukan lensa buat kamera nya pas emang ? Gimana cara nempelin lensa ke kamera nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisinya Pas,, ga ditempelin, karena ukurannya pas,,

      Delete
  18. tempel udah gan ..kok repot.waokwakoawk

    ReplyDelete
  19. izin ambil info nya ini bang, ane tarok di catatan pesbuk gue, hheheheheheheeee

    ReplyDelete
  20. itu peephole yg di bawah 50 kira2 ada gak gan thank u ;)

    ReplyDelete
  21. di HBC (Home Builder Center) adatuh harganya ada yg 30rb, 80rb, 90rb gw kemaren beli yg 30rb

    ReplyDelete
  22. agan agan ada yg tau caranya selain iniga? selain pake door viewer gitu.. kalo buat dslr juga gmana yah?

    ReplyDelete
  23. di toko bangunan ada tuh peephole nya

    ReplyDelete